Bagaimana Seharusnya Memaknai Hari Sumpah Pemuda Di Jaman Sekarang?

Bagaimana Seharusnya Memaknai Hari Sumpah Pemuda Di Jaman Sekarang?

Sumpah Pemuda merupakan tonggak utama dalam sejarah pergerakan kemerdekaan Indonesia. Sumpah Pemuda merupakan hasil keputusan Kongres Pemuda Kedua yang saat itu diselenggarakan selama dua hari, yaItu  27-28 Oktober 1928. Ada tiga cita-cita yang terkandung dalam Sumpah Pemuda, “Tanah Air Indonesia”, “Bangsa Indonesia”, dan “Bahasa Indonesia”.

Berikut adalah bunyi tiga keputusan kongres tersebut sebagaimana tercantum pada prasasti di dinding Museum Sumpah Pemuda. Penulisannya menggunakan ejaan van Ophuysen.

Pertama :  Kami poetra dan poetri Indonesia, mengakoe bertoempah darah jang satoe, tanah Indonesia.

Kedoea  : Kami poetra dan poetri Indonesia mengakoe berbangsa jang satoe, bangsa Indonesia.

Ketiga  : Kami poetra dan poetri Indonesia mendjoendjoeng bahasa persatoean, bahasa Indonesia.

Sumpah Pemuda dapat dimaknai dari periode dulu dan sekarang. Kalau pada tahun 1928, Sumpah Pemuda fungsinya adalah untuk persatuan karena saat itu masih belum bersatu, dan belum merdeka. Di masa sekarang, Sumpah Pemuda merupakan ikrar untuk membakar semangat para pemuda agar bersatu mencapai tujuan bersama. Sumpah Pemuda di masa kini adalah untuk melestarikan persatuan di antara pemuda dan masyarakat Indonesia. Sumpah Pemuda juga dapat mengingatkan masyarakat kembali di masa lalu bahwa persatuan bukan hal yang mudah.

Setidaknya, para pejuang kita membutuhkan waktu 17 tahun dari pertama kali Sumpah Pemuda digaungkan hingga Proklamasi Kemerdekaan dikumandangkan. Oleh sebab itulah, lewat peringatan Hari Sumpah Pemuda sebenarnya kita diajak untuk tetap menjaga, merawat, dan melestarikan apa yang sudah dibangun para pemuda di masa lalu. Sumpah Pemuda juga mengingatkan kalau kemerdekaan Indonesia itu perjuangannya lewat pemuda. Nah pemuda masa kini harus ingat bahwa persatuan tidak mudah dan harus dijaga.

Perlawanan yang sedang kita lakukan saat ini adalah memerangi berita hoaks yang justru dapat memecah belah dan merusak persatuan bangsa. Dan Sumpah Pemuda adalah untuk pengingat bagi kita semua, jangan sampai melupakan sejarah. Kalau dulu musuhnya penjajah, sekarang musuh kita adalah narkoba, korupsi, dan radikalisme. Ayo jadi pemuda yang cerdas!

 



Leave a Reply