5 Sertifikasi Digital Marketing Untuk Meningkatkan Karir

Setiap pekerja profesional di bidang keahlian apapun pasti memiliki tujuan untuk bisa meningkatkan karir dan jabatannya ketika bekerja di sebuah perusahan. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk bisa meningkatkan karir, seperti melanjutkan studi ke jenjang lebih tinggi, melakukan penelitian, hingga mencapai target perusahaan. Salah satu cara meingkatkan karir yaitu mengikuti pelatihan untuk meningkatkan kompetensi, seperti program sertifikasi kompetensi.
Jika Kamu seorang marketing atau digital marketer profesional yang saat ini sedang berkarir di sebuah perusahaan, berikut ini adalah program 5 sertifikasi yang dapat meningkatkan keahlian serta karir Kamu.

1. Sertifikasi Google Ads

Google memiliki tools yang sangat dibutuhkan dalam digital marketing. Tools yang saat ini dibutuhkan adalah iklan berbayar yaitu Google Ads. Iklan merupakan hal yang utama dari digital marketing dan sangat dibutuhkan pada saat ini. Banyak Perusahaan membutuhkan seseorang yang memiliki keahlian dalam iklan PPC (Pay Per Click) dari Google Ads. Sertifikasi Google Ads memungkinkan Kamu untuk belajar dan menguji bagaimana keahlian Kamu dalam menguasai Google Ads. Untuk mendapatkan sertifikasi dari Google Ads, Kamu minimal mendapatkan poin 80% saat proses asessment.

2. Sertifikasi Google Analytics

Google Analytics adalah tools dari Google yang memungkinkan Kamu mengukur efektifitas strategi digital marketing melalui trafik di website hingga dan tingkat konversi. Terdapat beberapa indikator penting seperti rasio pentalan / bounce rate, serta modul untuk mengukur ROI. Sama seperti sertifikasi Google Ads, untuk mendapatkan sertifikasi dari Google Analytics, Kamu minimal mendapatkan poin 80% saat proses asessment.

3. Sertifikasi Facebook Blueprint

Facebook merupakan platform besar yang penting dalam Digital Marketing. Platform digital marketing Facebook tidak hanya Facebook saja, tetapi mencakup iklan Facebook dan Instagram. Setiap perusahaan menggunakan platform bisnis Facebook sebagai channel digital marketing mereka. Sertifikasi Facebook Blueprint terdiri dari keterampilan periklanan tingkat lanjut, termasuk penargetan audiens, manajemen kampanye iklan Facebook, dan pengukuran kinerja kampanye. Program sertifikasi ini diberikan dalam bentuk kursus dibagi menjadi modul pendek dan bertarget sehingga Kamu mendapatkan pengetahuan platform Facebook yang menyeluruh.

4. Sertifikasi YouTube

YouTube adalah mesin pencari terbesar kedua, disamping itu Youtube juga merupakan website ketiga yang paling banyak dikunjungi. Program sertifikasi YouTube merupakan kursus yang dibuat untuk membantu pembuat konten atau content creator untuk meningkatkan keahlian dalam menggunakan platform YouTube. Kamu bisa mendapatkan sertifikasi YouTube dengan memilih tiga kursus yaitu kepemilikan konten, kursus monetisasi, dan pengelolaan hak musik. Sebelum mengikuti program sertifikasi, pastikan apakah Kamu memenuhi syarat dan memenuhi semua persyaratan.

5. Sertifikasi Digital Marketing BNSP

Indonesia memiliki lembaga yang berwenang untuk melakukan pengujian kompetensi sehingga kompetensi yang dimiliki oleh orang tersebut diakui oleh negara yaitu  BNSP (Badan Nasional Sertfikasi Profesi). Sebagai seorang marketing ataupun digital marketer, Sertifikasi Digital Marketing oleh BNSP sangat penting untuk dapat meningkatkan keahlian dan karir Kamu, serta yang paling utama adalah keahlian digital marketing Kamu sesuai standar yang ditetapkan dan diakui di Indonesia. Kamu dapat mengikuti sertifikasi digital marketing melalui Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) resmi dari BNSP. Salah satu LSP yang memberikan skema sertifikasi digital marketing adalah LSP Teknologi Digital. Sehingga ketika Kamu lulus program sertifikasi dari LSP Teknologi Digital, keahlian Digital Marketing Kamu dapat  meningkat dan diakui.



Leave a Reply