5 hal ini kamu dapat jika kuasai skill Public Speaking

Apakah kamu sadar bahwa hampir semua orang sukses di dunia ini adalah para pembicara yang ulung? Seperti Steve Jobs, Mark Zuckerberg, Barrack Obama, Oprah Winfrey, atau Sheryl Sandberg, adalah orang-orang sukses dari bidang yang berbeda. Tapi mereka punya kesamaan, yaitu kemampuan public speaking.

Kemampuan Oprah Winfrey tentu tidak diragukan lagi. Dia sukses membawakan acara talkshow yang bertahan lebih dari dua puluh tahun. Sedangkan Barrak Obama punya kemampuan berorasi yang sangat luar biasa. Banyak yang menduga bahwa kemenangannya di pemilu presiden Amerika Serikat tahun 2009 adalah karena banyak orang yang terpukau dengan orasinya.

Sementara itu, Steve Jobs (almarhum) menjadi salah satu figur yang dinilai menginspirasi, lewat presentasi-presentasi yang dibawakannya. Presentasi-presentasi dari Steve Jobs ini yang dianggap membuat produk-produk Apple menjadi laris di pasaran, walaupun harganya lebih mahal dibandingkan produk-produk sejenis.

Lalu Mark Zuckerberg. Pria pendiri situs jejaring sosial Facebook ini awalnya adalah orang yang pemalu. Dia sering gugup ketika berhadapan dengan wartawan. Tapi, kemudian dia memperbaiki dirinya. Dia berlatih khusus mengenai public speaking. Kini, kemampuan Mark menyampaikan presentasi atau berbicara di depan orang banyak, sudah tidak perlu diragukan lagi.

Para orang sukses kelas dunia itu menunjukkan bahwa kemampuan public speaking adalah kemampuan yang tidak main-main dan wajib dimiliki jika kamu mau sukses

Memiliki kemampuan public speaking juga dapat membantu meningkatkan karirmu. Kalau diperhatikan, orang-orang yang berhasil menduduki posisi tinggi di sebuah instansi atau perusahaan adalah orang-orang yang punya kemampuan public speaking. Memang, kemampuan mereka mungkin masih di bawah kemampuan public speaking para tokoh dunia. Tapi, kemampuan itu terbukti membantu peningkatan karier mereka.

Berikut adalah manfaat yang bisa kamu peroleh jika kuasai kemampuan public speaking:

1. Kemampuan public speaking tingkatkan percaya diri

Namanya juga public speaking, berarti kamu harus bicara di depan banyak orang. Hal ini tentu membutuhkan rasa percaya yang cukup. Jika kamu tidak punya cukup rasa percaya diri, maka bisa-bisa kamu akan demam panggung atau justru terdiam ketika berada di depan banyak orang karena saking gerogi.

Dengan pelajari kemampuan public speaking, maka kamu juga akan belajar memupuk rasa percaya diri. Rasa percaya diri ini tidak hanya akan berguna ketika kamu harus berbicara di depan umum, tapi juga bisa berguna di saat-saat lainnya.

Kalau kamu punya rasa percaya diri yang cukup, maka kamu juga akan percaya diri untuk menyambut semua kesempatan yang datang. Dengan begitu, kemungkinan kamu untuk meraih karier yang lebih baik akan lebih terbuka.

2. Kemampuan public speaking otomatis tingkatkan kualitas diri kamu.

Karena kamu dianggap punya kemampuan baik untuk berbicara di depan umum, maka kamu tentu lebih punya kesempatan untuk diminta bertemu dengan klien-klien penting kantor. Kemampuan berbicaramu itu dianggap dapat membuat klien tertarik dengan produk prusahaan kamu, atau juga menjadi lebih percaya dengan tempat kamu bekerja.

Ini tentu bukan kemampuan yang main-main. Jika kamu mampu untuk meyakinkan banyak klien, perusahaan tentu tidak akan menyia-nyiakan kemampuan kamu. Kamu bisa mendapatkan promosi ke jenjang yang lebih tinggi.

Dengan kemampuan public speaking, maka karier kamu juga bisa meningkat. Kamu akan dianggap sebagai karyawan yang istimewa, sehingga perusahaan juga pasti tidak akan rugi jika memberikan keistimewaan untuk kamu.

3. Kemampuan public speaking buat kamu berpikir lebih kritis

Selain bisa meningkatkan kemampuan berbicara di depan, kemampuan public speaking juga bisa bantu kamu untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis.

Kemampuan berpikir kritis adalah kemampuan otak untuk mencari cara untuk memecahkan atau mengatasi permasalahan dengan cepat dan tepat.

Hal ini karena public speaking akan menuntut seseorang untuk berbicara dengan menarik. Jadi, dia harus memilih kata-kata dan cara penyampaian yang tepat. Secara tidak langsung, hal ini akan merangsang otak untuk berlatih berpikir kritis.

Ketika berbicara di depan umum, Kamu dituntut untuk dengan cepat berpikir, kata-kata apa yang sebaiknya digunakan. Hal ini akan membantu Anda berpikir kritis ketika Anda membutuhkannya.

4. Kemampuan public speaking buat kamu jadi pemimpin

Saat berbicara di depan umum atau di depan banyak orang, kamu sering dituntut untuk membuat audience percaya atau terpengaruh dengan apa yang kamu katakan. Orang yang sering diminta untuk berbicara di depan umum pada umumnya adalah orang yang dianggap memiliki kemampuan lebih dibandingkan orang lain.

Orang yang memiliki kelebihan dan mampu mempengaruhi orang lain adalah orang yang cocok untuk menjadi pemimpin. Seorang pemimpin akan bertugas untuk mendelegasikan tugas, memberikan instruksi, serta membuat anak buahnya percaya kepadanya. Semua itu sangat membutuhkan kemampuan public speaking.

Jadi, dengan mempelajari kemampuan public speaking, secara tidak langsung kamu juga akan mepelajari cara untuk menjadi seorang pemimpin.

Kemampuan public speaking ternyata memiliki manfaat yang sangat luar biasa, khususnya untuk menunjang karier kamu di tempat kerja. Sayangnya, masih sedikit orang yang menyadari pentingnya menguasai kemampuan public speaking. Apalagi jika mereka merasa selama ini hanya bekerja di belakang meja.

Kemampuan public speaking sebenarnya sangat penting untuk dikuasai oleh semua karyawan. Kemampuan ini sangat mudah untuk dipelajari, bahkan oleh orang-orang yang mungkin selama ini merasa kurang pede untuk berbicara di depan orang banyak.

5. Kemampuan public speaking buat orang lain senang mendengarkan kamu

Kalau kamu memiliki kemampuan public speaking, maka gaya bicara kmau akan lebih enak untuk didengarkan. Kamu akan bicara dengan kata-kata yang lebih variatif. Kamu juga tidak akan kehabisan bahan untuk diobrolkan.

Jadi, kamu akan menjadi teman yang sangat menyenangkan untuk diajak ngobrol. Kamu akan lebih nyaman bergaul dengan orang lain.

Selain jadi punya banyak teman, kemampuan berbicara ini juga dapat membuat kamu menjadi seorang penjual yang handal. Kamu akan lebih mudah merangkai kata-kata untuk meyakinkan orang lain agar mau membeli produk yang kamu jual.

Kalau kamu tidak punya produk untuk dijual, kamu bisa menjualkan produk orang lain.

Karena sudah terbiasa untuk merangkai kata-kata yang menarik, kemampuan menjual ini tidak hanya bisa kamu tuangkan dengan berbicara. Tapi, Kamu juga bisa merangkai kata-kata itu dalam bentuk tulisan. Tulisan ini bisa kamu pajang di media sosialmu untuk mempromosikan suatu produk.



Leave a Reply